Home / Motogp / Sentul Siap Jadi Tuan Rumah Motogp Tahun 2020

Sentul Siap Jadi Tuan Rumah Motogp Tahun 2020

Sentul Siap Jadi Tuan Rumah Motogp Tahun 2020 – Sesudah sekian kali mundur, gagasan mengadakan MotoGP di Indonesia kembali keluar. Kesempatan ini ditargetkan dihelat pada th. 2020 dengan Circuit Sentul jadi tuan tempat tinggalnya.

Untuk mengadakan sekali lagi balapan MotoGP di Indonesia pada 2020, Pemerintah telah menyebutkan supportnya. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menyatakan hal tersebut dalam pertemuan dengan pengelola Circuit Sentul di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Selasa, 18 April 2018.

Pertemuan itu di hadiri juga oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimoeljono, Tinton Suprapto, Ananda Mikola serta deretan pengelola Circuit Sentul Bogor, dan Patrick Tan sebagai partner strategis penyelenggaraan MotoGP di Indonesia.

” Kita tidak bisa mundur. Maju selalu. Pemerintah memberi support penuh supaya MotoGP dapat di gelar sekali lagi di Indonesia. Mari bersinergi untuk menggerakkan pekerjaan semasing, ” kata Moeldoko selesai pertemuan.

Wacana Indonesia jadi tuan-rumah MotoGP sesungguhnya telah lama bergulir. Terkecuali Circuit Sentul, calon yang lain yaitu di Palembang. Pernah ada gagasan membuat track baru di ibukota Sumatera Selatan itu. Bahkan juga gambar layout trek itu telah mengedar luas. Tetapi lalu sasaran itu mundur ke 2019.

Awal mulanya ditargetkan MotoGP dapat di gelar di Indonesia pada 2017 di Circuit Sentul, tetapi batal saat itu.

Indonesia kalah cepat dari Thailand, yang musim 2017 ini jadi tuan-rumah baru MotoGP. Thailand mengadakan balapan di Circuit Buriram.

” MotoGP yaitu pesta rakyat, yang walau dikerjakan oleh swasta, tapi keuntungan besarnya dirasa semua negeri, ” timpal Tinton.

Pertemuan ini adalah tindak lanjut kunjungan Presiden Jokowi ke Circuit Internasional Sentul pada 6 Maret 2018 kemarin. Terlebih dulu sudah juga di gelar pertemuan pada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Tinton, serta Ananda Mikola pada 19 Maret 2018.

Menteri Pekerjaan Umum, Basoeki Hadimoeljono, menyebutkan supportnya untuk membuat infrastruktur di sekitaran circuit. ” Ini yaitu project swasta murni, namun kami siap mensupport bila ada infrastruktur yang berkaitan untuk kebutuhan umum, umpamanya jalan, tempat parkir, dsb, ” kata Basoeki.

Sesaat dari bagian pariwisata, gelaran MotoGP diperkirakan dapat menyedot sekurang-kurangnya 100 ribu wisatawan mancanegara. ” Dengan semua pengeluaran turis di Indonesia sepanjang lima hari moment, keuntungan langsungnya dapat menjangkau Rp 1 triliun, ” ungkap Menteri Arief Yahya.

About admin