Home / Piala Eropa / Portugal Hajar Wales 2-0

Portugal Hajar Wales 2-0

Portugal bertemu Wales pada babak semifinal Euro 2016 di Stadion Parc Olympique Lyonnais pada Kamis, 7 Juli 2016 dini hari WIB. Portugal berhasil memenangkan laga dengan skor 2-0 dimana Cristiano Ronaldo menciptakan satu gol dan satu assists. Hasil ini mengantarkan tim asuhan Fernando Santos sukses lolos ke partai puncak. Mereka akan menunggu hasil laga antara duel Prancis kontra Jerman.

Pertandingan pada babak pertama hanya menampilkan permainan yang membosankan. Pasalnya, kedua tim lebih banyak menunggu lawan membuat kesalahan dan hanya mengandalkan serangan balik. Tak ada banyak peluang membahayakan yang diciptakan oleh kedua tim yang berhadapan.

Dari delapan usaha yang dilakukan kedua tim, hanya ada satu tendangan yang tepat sasaran ke gawang. hal ini terjadi pada menit ke-23. Gareth Bale menggiring bola sendirian dan melakukan tusukan. Ia memutuskan melakukan sepakan dari luar kotak penalti yang tidak membahayakan untuk Rui Patricio. Setelah usaha tersebut, tak ada lagi usaha berbahaya yang diciptakan oleh Portugal maupun Wales. Hingga turun minum tak ada satu gol pun yang tercipta.

Laga yang berjalan membosankan pada babak pertama akhirnya berubah 5 menit babak kedua berjalan. Cristiano Ronaldo membuat fans Portugal bersorak gembira. Sang mega bintang mencetak gol melalui sundulan kepala yang memanfaatkan umpan cantik dari Raphael Guerreiro. Gol ini membuat laga menjadi lebih seru.

Ronaldo kembali membuat stadion gemurung pada menit ke-53. Kali ini, pemain 31 tahun itu menjadi aktor penting untuk gol yang dibuat oleh Luis Nani. Tendangan Ronaldo dari luar kotak penalti mampu dibelokkan oleh Nani yang lolos dari offside. Kiper Wayne Hennessey tak bisa berbuat apa-apa.

Gol tersebut Wales panik dengan merubah formasi dan melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Namun, tidak adanya pemain seperti Aaron Ramsey di lini tengah membuat serangan The Dragons terlihat tidak teratur dengan baik. Mereka hanya menyerahkan semua bola mengarah pada sosok Gareth Bale. Hal yang mudah dibaca oleh para barisan pertahanan Portugal.

Sulit mengarahkan kotak penalti Portugal membuat Wales mulai melakukan banyak tendangan dari luar kotak penalti saat laga memasuki menit ke-70. Namun, beberapa usaha yang dilakukan oleh Gareth Bale dan Ashley Williams masih diamankan dengan baik oleh Rui Patricio. Tak ada satu pun tambahan gol yang tercipta pada sisa pertandingan. Portugal akhirnya menang dengan skor 2-0 dan berhak mengantongi tiket ke final Euro 2016.

About admin