Home / Berita Umum / Gempa Bumi Mengguncang Dua Wilayah Sulawesi Barat

Gempa Bumi Mengguncang Dua Wilayah Sulawesi Barat

Gempa Bumi Mengguncang Dua Wilayah Sulawesi Barat – Gempa bumi bertaraf richter 4. 9 SR mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Rabu (17/1) jam 10. 47 WITA. Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi serta Geofisika (BBMKG) Lokasi IV Makassar A Fachri Radjab menyebutkan, gempa berlangsung pada koordinat episenter 2. 15 LS serta 119. 02 BT, atau persisnya di laut pada jarak 52 km Barat Daya Mamuju Tengah, Sulawesi Barat di kedalaman 10 km.

” Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini adalah gempa bumi kedalaman dangkal karena kesibukan sesar naik Selat Makassar. Gempa ini tidak punya potensi tsunami, ” kata Fachri Radjab pada wartawan.

Berdasar pada hasil analisa pada peta tingkat guncangan BMKG serta laporan dari orang-orang, gempa bumi dirasa di lokasi Tampa Padang serta Malunda. Getaran gempa ini dirasa beberapa orang.

Hasil monitoring BMKG sekarang ini tunjukkan berlangsung gempa bumi susulan jam 11. 12 WITA dengan kemampuan 3. 4 SR pada koordinat episenter 2. 39 LS serta 118. 90 BT, atau persisnya berada di laut pada jarak 71 km Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 26 km. Sampai sekarang ini belumlah ada laporan tentang ada rusaknya.

” Kita imbau orang-orang yang berdekatan dengan tempat sumber gempa bumi supaya tetaplah tenang serta tidak dipengaruhi oleh info yg tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, ” pungkas A Fachri Radjab.

About admin